05/07/09

NASA Luncurkan Minuman Khusus Astronot


CALIFORNIA - Seorang astronot harus mampu mengatasi segala kendala yang dihadapi saat berada di luar angkasa. Kondisi luar angkasa mengharuskan mereka memiliki kemampuan melawan gaya gravitasi yang ekstrim.

Untuk itu, yang paling penting para astronot harus cukup cairan dan benar-benar sehat. Namun persyaratan itu menjadi hal yang sulit dipertahankan di dalam pesawat ruang angkasa.

Ilmuwan NASA berupaya memikirkan solusi atas hal ini. Agar para astronot tidak mengalami kelelahan otot dan pusing-pusing karena dehidrasi, para ilmuwan mengembangkan minuman dengan formula elektrolit khusus bagi para astronot.

Space.com, Sabtu (4/6/2009) melansir, formula yang dikembangkan adalah cairan konsentrasi yang jika dicampur air akan langsung memulihkan hidrasi serta mencegah terjadinya kekurangan cairan tubuh.

"Kami mengembangkan formula hidrasi agar para astronot bisa memiliki kinerja yang optimal pada kondisi ekstrem. Kesehatan astronot kami sungguh luar biasa," kata salah satu ilmuwan, John Greenleaf, yang juga bersumbangsih dalam mengembangkan minuman tersebut.

Untuk bisa menghasilkan produk minuman khusus astronot itu, para ilmuwan yang tergabung dalam Ames Research Center di Moffett Field, California, AS melakukan riset selama hampir 15 tahun. Mereka kemudian mengujinya kepada para astronot NASA untuk meminumnya selama kurun waktu 20 tahun.

Minuman ini pun punya versi komersialnya. NASA memberikan lisensi produk minuman ini kepada produsen minuman kesehatan Wellness Brands Inc of Boulder, di Colorado, AS, dan diberi merek The Right Stuff. Pesanan pertama mulai dikirimkan pada 11 Juni lalu.

Hasil studi NASA menemukan bahwa minuman ini mampu memacu daya tahan tubuh hingga 20 persen dibandingkan dengan mereka yang minum air biasa atau minum sesuatu yang mengandung karbohidrat. (srn)